Digital Hub BSD City -Sillicon Valley Indonesia- Resmi Dibangun..

Sinar Mas Land menggelar acara peletakan batu pertama atau groundbreaking kawasan Digital Hub di BSD City, Kamis, 18 Mei 2017. Acara groundbreaking menandakan secara simbolis dimulainya pembangunan kawasan digital hub seluas 25,86 hektare yang berlokasi tepat di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Digital Hub merupakan inovasi Sinar Mas Land untuk mewujudkan transformasi BSD City sebagai integrated smart digital city di Tanah Air serta menjawab kebutuhan masyarakat di era teknologi digital akan kawasan yang memiliki infrastruktur jaringan telekomunikasi yang andal, fasilitas lengkap, serta berlokasi strategis dan multi-akses.

Gambar: sinarmas.com

Kawasan ini didedikasikan sebagai “Silicon Valley” Indonesia, dipersembahkan khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan berbasis teknologi dan digital, mulai start-up company, technology leader, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science dan industri kreatif, seperti animasi film dan games.

”Acara groundbreaking di BSD City yang juga dihadiri pejabat penting pemerintah Indonesia menandai kehadiran secara resmi kawasan Digital Hub di proyek Sinar Mas Land. Digital Hub merupakan inovasi terbaru Sinar Mas Land untuk mengakomodasi perkembangan industri informasi dan teknologi digital yang sangat pesat,” kata Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja.

Michael mengharapkan kehadiran Digital Hub dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri berbasis IT dan teknologi digital, mengingat saat ini pemerintah Indonesia juga sedang berfokus mendorong pertumbuhan industri tersebut. Keberadaan kawasan Digital Hub ke depannya akan mempercepat terbentuknya sebuah ekosistem berbasis IT dan teknologi digital seperti yang terjadi di Silicon Valley Amerika Serikat. “Kami berharap dari Digital Hub akan lahir berbagai inovasi baru dari dunia digital serta IT,” ujarnya.

BSD City sendiri sebagai kota mandiri memiliki beragam keunggulan karena dikembangkan dengan perencanaan matang dan saat ini telah tersedia berbagai fasilitas serta infrastruktur terbaik untuk menunjang operasional perusahaan start-up hingga tech leader berbasis IT dan teknologi digital. Digital Hub akan mengarahkan BSD City menjadi salah satu kawasan new digital economy yang akan diperhitungkan di Indonesia.

Kawasan Digital Hub yang berada di BSD City ini memiliki beragam keunggulan. Salah satunya jaringan fiber optic hasil kerja sama dengan Huawei, perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan teknologi jaringan komunikasi terbesar di dunia. Selain itu, lokasi dan akses transportasi Digital Hub sangat strategis karena berada di selatan Jakarta dan berdekatan dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kemudahan akses wilayah BSD City ditunjang oleh dua jalur jalan tol utama, yakni Jalan Tol Kebon Jeruk dan Jalan Tol Pondok Indah (Jalan Tol Jorr W2).

BSD City juga merupakan kota yang memiliki sarana dan prasarana lengkap yang dikembangkan dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan. Keunggulan lain, kawasan Digital Hub dirancang khusus oleh NBBJ, konsultan arsitektur terkemuka dari Amerika Serikat yang kerap mendesain sejumlah kantor perusahaan berbasis teknologi di dunia, seperti Microsoft, Amazone, dan kantor pusat Samsung di Sillicon Valley, San Jose, California, Amerika Serikat. Dengan konsultan arsitektur yang berpengalaman dan mumpuni, kawasan Digital Hub akan menjadi tempat yang nyaman bagi para pekerjanya dan dipastikan suasananya akan kental dengan tema teknologi.

Michael menjelaskan, kawasan Digital Hub akan menjadi tempat yang ideal bagi research center, institusi pendidikan di bidang engineering/technology/IT/science, juga industri kreatif, serta beragam kegiatan yang berbasis IT dan teknologi digital, seperti animasi 3D. “Pembangunan infrastruktur Digital Hub sendiri dimulai pada 2017 dan ditargetkan akan selesai 2019. Diperkirakan pembangunan kawasan Digital Hub akan menelan biaya hingga Rp 7 triliun,” ujarnya.

Kawasan Digital Hub
Digital Hub akan dikembangkan dengan konsep mixed use yang terdiri atas fasilitas, sarana dan prasarana bisnis, retail, dan lifestyle. Keberadaan berbagai fasilitas, sarana, dan prasarana tersebut memperkuat peran Digital Hub sebagai lokasi sentra usaha dan tempat strategis bagi perusahaan teknologi, start-up companies, dan komunitas digital. Saat ini berbagai tenant di bidang IT, seperti Huawei, Apple Research and Development Center, MyRepublic, Sale Stock, Orami, EV Hive, Purwadhika, GeeksFarm, dan Plug and Play telah hadir di BSD City dan akan berkantor di kawasan Digital Hub pada 2019.

“Sinar Mas Land menggarap dengan serius kawasan Digital Hub menjadi tempat berkumpulnya para pelaku usaha di dunia industri IT dan teknologi digital karena perkembangan industri tersebut sangat dinamis. Tentunya tidak hanya dilengkapi dengan fasilitas canggih, tapi dalam pengembangannya kami juga tetap mengutamakan ketersediaan lahan hijau yang luas agar membuat para pekerja di kawasan ini menjadi lebih produktif melahirkan inovasi baru di dunia IT dan teknologi digital,” kata Michael.

Sumber: http://nasional.tempo.co

1 tanggapan pada “Digital Hub BSD City -Sillicon Valley Indonesia- Resmi Dibangun..”

  1. Pingback: Apple Academy Pertama Asia Dibuka di BSD City – Blog RumaHits

Tinggalkan Balasan