Cara Mudah Menghitung Cicilan KPR

Mungkin kita pernah, ketika tertarik dengan satu rumah dan sudah mengetahui harganya, langsung ingin tau juga besar cicilan KPR-nya perbulan? Tapi sayangnya tidak tau cara menghitungnya..

KPR termasuk kredit jangka panjang, makanya kebanyakan menggunakan perhitungan bunga efektif. Bunganya hanya dihitung dari sisa pinjaman yang belum dikembalikan. Jadi bila kita sudah mencicil beberapa kali, maka bunga dihitung dari sisa pinjaman yang belum dicicil.

Kelebihan Bunga Efektif

  • Bunga tiap bulannya berkurang
  • Bunga dihitung secara fair karena dihitung berdasar sisa pinjaman yang kita pakai

Prinsip dari perhitungan bunga efektif, adalah cicilan pokok per bulannya tetap, dan bunga per bulan dihitung dari sisa cicilan yang belum dibayar.

Misal:

  • P= pokok pinjaman
  • i = suku bunga per tahun
  • t = lama kredit dalam bulan

Maka:

  • Cicilan pokok per bulan = P / t
  • Bunga bulan ke z = (P –  ((z – 1) x Cicilan pokok )) x i / 12

Hadeuh pusing ya..

Itulah kekurangan bunga efektif

Sulit dihitung..

Tapi tidak perlu kwatir..

Sekarang kita bisa menghitung bunga efektif dengan mudah, semudah beli permen di warung. Hehe..

Caranya tinggal cari aja di Playstore aplikasinya, search dengan kata kunci “simulasi KPR“..

Akan muncul beragam pilihan, pilih aja salah satu. Lalu input harga, bunga pertahun, terus jangka waktunya tinggal klik deh. Cicilan KPR dari rumah idaman kita pun muncul. Kalau besar cicilannya sudah ketemu, tingga dicari deh untuk biaya-biayanya. Selamat mencoba..

Oh ya temukan rumah-rumah dengan developer ternama dan cara bayar beragam di RumaHits.com, siapa tau ada juga yang DP nya bisa 0%..

Tinggalkan Balasan